Wapres Deadline Konversi BB Oven Tembakau

Lotim— Pada acara dialog antara Wakil Presiden H. M. Jusuf Kalla dengan para petani tembakau di pulau Lombok di gudang PT. Tresno Hadi Tbk, Wapres menyampaikan kepada seluruh peserta dialog bahwa pemerintah akan melakukan konversi bahan bakar oven tembakau dari minyak tanah menjadi bahan bakar alternatif seperti batu bara dan elpiji.

Mengingat permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh para petani tembakau Lombok, diantaranya kesulitan pada saat pasca panen dan kenaikan BBM saat ini, Wapres men-Deadline 13 ribu lebih oven tembakau berbahan bakar minyak tanah akan dikonversi ke bahan bakar alternatif, salah satunya adalah batu bara harus selesai dalam waktu satu tahun.

Deadline yang diberikan oleh Wapres tersebut diindikasikan oleh berbagai pihak tentang rencana pemerintah untuk mencabut subsisdi minyak tanah untuk petani tembakau dilakukan lebih cepat dari rencana yakni pada tahun 2011. Guna mendukung program konversi tersebut Wapres menjelaskan pemerintah pusat akan mengalokasikan sepertiga anggaran yang dibutuhkan untuk konversi, dan sisanya akan dibebankan kepada pemerintah daerah.

“ada sekitar 320 miliar anggaran subsidi yang dikucurkan pemerintah untuk petani tembakau tiap tahunnya, dalam kondisi seperti ini minyak tanah harus diganti dengan bahan bakar lain” kata Wapres. Dijelaskan juga saat ini harga minyak dunia mencapai USD 135 per barel. Artinya harga ekonomi minyak tanah seharusnya Rp. 10.000 dan dalam hal ini pusat telah memberikan subsidi sebesar Rp. 7.500 per liter, seharusnya subsidi tersebut dapat dialihkan ke program pembangunan yang lain ungkap Wapres. [Milt-02]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: