BPK Pusat Ambil Alih Kasus Dana Skim TKI Loteng

Loteng— Penanganan kasus macetnya dana bantuan bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau dana SKIM di Lombok Tengah ternyata sampai sekarang belum membuahkan hasil. Sebelumnya Pemda Loteng melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Disostek) telah berupaya untuk menuntaskan kasus ini. Berbagai rapat dan koordinasi telah digelar dengan berbagai pihak namun tetap saja nihil. Bahkan Bupati Lombok Tengah H.L, Wiratmaja dan DPRD Loteng telah menyuarakan untuk menyelesaikan kasus ini secara hukum. Namun anehnya sampai detik ini langkah tersebut tidak pernah dilakukan.

Melihat lambannya penanganan kasus tersebut oleh Pemkab Loteng akhirnya Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pusat mengambil alih penanganannya. Sampai sejauh ini BPK telah memanggil beberapa orang yang terlibat dalam penyaluran dana Skim tersebut untuk dimintai keterangannya.Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Loteng, H. Sukomo ketika dimintai keterangannya menyangkut masalah ini membenarkan kalau memang BPK telah mengambil alih penanganan kasus Dana Skim untuk TKI tersebut.

“memang benar BPK pusat telah turun tangan, namun kami belum ahu sampai sejauh mana perkembangannya” ungkap H. Sukomo kepada wartawan. Ia juga menjelaskan bahwa sampai saat ini pihaknya masih terus berupaya menagih para PJTKI penyalur TKI, namun hasilnya sangat tidak memuaskan. Adapun kendala yang dihadapi dilapangan antara lain banyaknya PJTKI penyalur yang menerima dana Skim tersebut telah gulung tikar dan berganti nama.

Sedangkan PJTKI penyalur yang masih ada atau aktif rata-rata menyatakan siap untuk mengembalikan dana bantuan tersebut.”bagaimanapun dana tersebut harus dikembalikan karena dana tersebut adalah dana bergulir” ungkap H. Sukomo mengakhiri. [Le]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: