BBM Langka, Ganggu Kinerja Media

Loteng— Kelangkaan BBM yang terjadi di hampir seluruh wilayah NTB khususnya di Kabupaten Lombok Tengah sangat mengganggu dan meresahkan masyarakat. Banyak aktifitas dan usaha masyarakat yang merugi akibat kelangkaan tersebut. Kepastian penyebab kelangkaan BBM itu sendiri oleh pemerintah dalam hal ini pihak Pertamina juga belum jelas dan terkesan simpang siur.

Salah satu usaha atau bisnis yang sangat dirugikan dengan kelangkaan BBM tersebut adalah bisnis media baik cetak maupun elektronik. Le Wharid Rakhmana, Kepala Pewakilan salah satu media cetak yang sangat berkembang di NTB mengungkapkan bahwa kelangkaan BBM khususnya bensin sangat mengganggu kinerja dari media pasalnya disamping menyebabkan biaya operasional membengkak juga menyebabkan distribusi media ke konsumen menjadi terhambat.

“jelas hal ini sangat mengganggu kinerja kami di media khususnya koran,  contohnya, wartawan dalam mencari berita menjadi terkendala, karena sesuai dengan jargon kami yaitu Gudangnya Berita Lokal mau tidak mau wartawan kami harus turun ke lapangan, lain halnya dengan media yang hanya mengandalkan Internet untuk mencari berita mungkin tidak terlalu mempengaruhi kinerja mereka dan juga sirkulasi dalam hal ini loper menjadi terhambat untuk mengantar koran kepada pelanggan” ungkapnya. Dijelaskan juga oleh Le Wharid bahwa kelangkaan BBM ini sangat sering terjadi, seharusnya pemerintah belajar dari pengalaman-pengalaman yang lalu sehingga kelangkaan paling tidak dapat diminimalisir, dan dengan begitu kerugian-kerugian yang dialami oleh masyarakat dapat dikurangi juga.

“kalaupun ada bensin eceran harganya mencapai Rp. 8,000 sampai Rp. 9,000 per botolnya, jelas ini sangat merugikan” lanjut Le Wharid. Dengan terganggunya kinerja media akibat kelangkaan BBM ini diharapkan kepada masyarakat khususnya para konsumen atau pelanggan untuk sama-sama menyikapinya denga bijaksana namun Le Wharid berjanji tetap akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dan pelanggan sehingga hak masyarakat untuk memperoleh informasi tidak terbengkalai. [Le]

 

5 Tanggapan

  1. memang masalah BBM tsb adalah masalah yang kompleks karena menyangkut banyak segi kehidupan yang bergantung pada keberadaan BBM. sekarang bagaimana suatu inovasi yang membuat kita tidak tergantung pada BBM (minyak bumi) seperti penggunaan biofuel misal ethanol dari ubi atau jagung sebagai pengganti bensin atau minyak jarak sebagai pengganti solar.
    eh… ngomong2 ini dengan pak warid rakhmana ya? saya dulu punya teman di SD 4 praya namanya warid rakhmana. apa bener ya.
    wassalam
    wahyudi isnan

  2. yach BBM lagi. coba beralir ke BBN (bahan bakar nabati: biofuel).

    oh ya ini pak warid rakhmana ya? saya dulu punya temen nama warid rakhmana satui SD di SDN 4 praya. apa bener ya?

  3. Aok Meton aku wharid, barengnt SD laek.. engetm waktut berebutan maen nintendo lek balen rio bokah ?

  4. eh pak warid hebat sekarang.. belajar dimana bahasa HTML? sudah berapa anakmu? kamu kan nikah sama wiwik ya? salam ya untuk nanang (kakak iparmu).
    maju terus pers loteng. jadikan media sebagai perjuangan rakyat yang independen.
    wassalam
    wahyudi isnan

  5. oke bozzz !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: