Sekolah Lakukan Pungutan, Kadis Dan Kasubdin Beda Pendapat

 

Lotim Terkait dengan adanya pemungutan yang dilakukan oleh pihak sekolah terhadap siswa baru dengan nilai mencapai jutaan rupiah, terutama di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Lotim, DR. Yanis Maladi, SH, MH dan Kasubdin SMP/SMA PDK Lotim, Drs. Lalu Qudsi berbeda pendapat.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Amad Qudsi sebelumnya bahwa pungutan yang dilakukan oleh pihak sekolah tersebut dibenarkan dan sesuai dengan perundang-undangan. “hal tersebut tidak salah karena sesuai dengan undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 dan peraturan pemerintah (PP) No. 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan” ungkapnya.

Kedua aturan tersebut ditindaklanjuti dengan Manajemen Peningkatan Mutu (MBS) dimana sekolah diberikan otonomi untuk mengatur diri baik dalam pembiayaa dan pendanaan pendidikan katanya menambahkan. Sementara itu Yanis Maladi dengan tegas mengatakan kepada wartawan bahwa dirinya tidak setuju dengan pungutan yang dilakukan Kepala Sekolah yang meminta uang Insidential pada siswa baru karena bertentangan dengan UUD 1945 amandemen ke empat.

Diakuinya SMA belum menerima bantuan oprasional sekolah (BOS) namun dengan begitu tidak semestinya membebani dan terkesan menghalang-halangi anak yang mau masuk sekolah. Dikatakan Yanis dalam MBS tersebut memang membolehkan pihak sekolah melakukan pungutan tapi bukan berarti memberatkan calon siswa. Pendidikan menurutnya pluralism artinya harus dilihat dari berbagai aspek dan kepentingan baik aspek ekonomi, budaya maupun aspek lainnya. [Le]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: