Ngabuburit, Warga Padati Masjid

Warga Padati Masjid Jami' Praya

Warga Padati Masjid Jami

Loteng— Kegiatan ngabuburit atau  melakukan suatu aktifitas guna menunggu waktu berbuka puasa tiba ternyata tidak hanya di lakukan oleh para ABG atau remaja saja. Di Lombok Tengah khususnya Praya ngabuburit  banyak dilakukan oleh warga dengan membawa serta seluruh anggota keluarga mereka, mulai dari yang sudah berumur sampai anak balita.

Namun bedanya dengan ngabuburit para ABG atau remaja, yang pada umumnya mengendarai sepeda motor berjalan-jalan keliling kota atau duduk-duduk bergerombol di pinggir jalan para warga tersebut melakukan ngabuburit dengan mendatangi masjid-masjid yang ada guna mengikuti acara pengajian atau ceramah.

Sudah menjadi kebiasaan di setiap masjid besar di Praya diadakan acara pengajian atau ceramah dengan mendatangkan para tokoh agama setempat sebagai narasumbernya. Biasanya acara pengajian tersebut dimulai bakda Ashar atau sekitar pukul 16.00 wita dan berakhir sekitar pukul 17.00 wita, Seperti acara pengajian di Masjid Jami’ Praya misalnya, tampak para jamaah memenuhi masjid bahkan karena banyaknya para jamaah banyak yang mengikuti pengajian dari luar lingkungan Masjid.

Inaq Ipah (52 thn) asal desa Penujak Praya Barat contohnya,  ia rela jauh-jauh datang ke Praya hanya untuk mengikuti acara pengajian tersebut. “saya sengaja datang kesini untuk mengikuti pengajian, disamping untuk mencari pahala juga hitung-hitung menghabiskan waktu menunggu waktu berbuka puasa” terangnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Amaq Mahsun (45 thn) asal desa Kekere Praya. “daripada melakukan hal-hal lain yang bisa membatalkan puasa, lebih baik kita mengikuti acara pengajian seperti ini” ungkapnya. Seentara itu salah seorang tokoh masyarakat setempat yang juga merupakan pengurus masjid Jami’ Praya, H. Sawaf menjelaskan kepada wartawan bahwa kegiatan pengajian di Masjid Jami’ selalu diadakan terutama selama bulan Ramadhan dan jamaah yang datang selalu membeludak bahkan sampai menutupi jalan raya.

“jamaah yang datang tidak bisa ditampung didalam Masjid, jadi banyak yang mengikuti acara pengajian dari jalan, taman bahkan kuburan didepan Masjid, tapi Alhamdulillah pihak Polres Loteng selalu membantu kami guna mengaturnya” jelasnya.

Berdasarkan pantauan wartawan pada hari Rabu (10/9) kemarin, selain di Masjid Jami’ Praya, acara serupa juga di adakan di Masjid Agung Praya dan tidak berbeda jauh dengan di Masjid Jami’ Jamaah di Masjid Agung Praya juga membeludak namun tidak sampai keluar lingkungan Masjid. [Le]

6 Tanggapan

  1. Kegiatan bagus dan positif..
    Tapi untuk lebih memberikan khas daerah, ada nggak ya nama lain untuk ‘ngabuburit’ buat orang sasak? Karena setahu saya, istilah ngabuburit itu adalah istilah di orang2 sunda (Jawa Barat khususnya) yang melakukan aktifitas luar rumah untuk menunggu bedug maghrib (berbuka puasa). Atau istilah ngabuburit itu sudah jadi bahasa nasional? Saya kurang tahu juga.. Maksud saya, mungkin sebenarnya kita di Gumi Sasak itu juga punya istilah sendiri. Jika mungkin kita lupa atau sebenarnya tradisi ‘ngabuburit’ dikalangan sasak itu tidak ada, tapi sekarang2 ini dibikin sesuai dengan zaman dan mode.. Saya tambah tidak tahu hehehe.. maap🙂

  2. bajang sulye…, mgkin istilahnya “antih bebuke”, atau ada istilah lain ?

  3. biasen dengan muni, nganti bedug…

  4. Sip🙂 mungkin nanti istiLah dari gumi sasak bisa jadi istiLah ‘nasionaL’ hehehehe..

    Maap sekaLI buat Bung Hazairin.. saya masih punya hutang, saya masih ‘berkeLana’ nih hehe, tapi tetap nanti saya kirim.. saya kemarin kehiLangan HP dan semua data beserta alamat yang saya simpan di HP juga ikut hiLang.. kalau boLeh saya minta aLamat Bung Hazairin (sekaLi lagi) di Jogja.. terima kasih sbeLumnya🙂

  5. nyekek sak bebuke aku lalo jok tengari kance riska

  6. ne cerita tentang fauzy, fauzy paling takut lamun nyeken bekace. munparan nyeken gitak hantu …!!!@

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: